Bahayanya Gas VOC Bagi Kesehatan Manusia

gas voc

Tridinamika.com – Bahayanya gas VOC dapat berdampak pada kesehatan manusia. Dalam kehidupan sehari – hari paling sering kita temui pencemaran udara dari gas VOC.

Seperti yang kita ketahui, bahwa dalam aktifitas sehari – hari kita tidak menghirup oksigen murni secara 100%. Terdapat banyak kontaminasi gas yang kita hirup selain oksigen. Berbahayanya lagi apabila gas yang kita hirup adalah gas yang beracun, seperti VOC.

VOC merupakan gas volatile organic compound atau senyawa kimia yang dipancarkan sebagai gas dari padatan atau cairan. Gas bersifat volatil karena mudah menguap pada suhu kamar dan merupakan senyawa organik karena mengandung karbon. VOC memiliki jangkauan yang luas dan memiliki tingkat toksisitas yang bervariasi.

Gas ini meliputi aseton, benzena, formaldehida, stirena, tetrakloroetilena, toluena, xilena. VOC dipancarkan dari beragam sumber. Sebagian bervariasi karena geografi kota – kota melihat kontribusi terbesar mereka dari emisi kendaraan, sementara sumber industri dan pinggiran kota mungkin lebih banyak berasal dari pembakaran bahan bakar fosil dan emisi limbah.

Sumber VOC meliputi cat, semprotan aerosol, tinta cetak, produk pembersih, pengawet kayu, pembersih dan desinfektan, bahan bangunan, bahan baku, pembakaran kayu bakar rumah, industri minyak dan gas, bahan bakar, bakteri, propana, etanol, butana, dan roh putih.

Trotec BQ16 VOC Measuring Device

Maka dari itu, Tridinamika Jaya Instrument memperkenalkan sebuah gas detector dari Trotec seri BQ16. BQ16 merupakan alat pengukur kualitas udara yang ringkas untuk mendeteksi konsentrasi formaldehida dan VOC di udara ruangan.

Baik di rumah, di kantor atau tempat kerja, di lembaga publik, sekolah, dan taman kanak – kanak, di mana pun orang tinggal di dalam ruangan untuk waktu yang lama, udara yang bersih dan tidak terkontaminasi adalah kebutuhan yang menjaga kesehatan.

Sayangnya, polusi atmosfer tidak dapat dinilai secara sekilas, tetapi setidaknya mengukurnya dengan menggunakan alat pengukur HCHO/TVOC BQ16 dari Trotec. Untuk itu kedua konsentrasi tersebut dapat diukur secara bersamaan secara real time menggunakan BQ16 untuk memastikan polusi udara ruangan tidak berbahaya. BQ16 mendeteksi bahkan konsentrasi kecil serendah 0,01 ppm atau 0,01 mg/m³.

Untuk pemesanan dan informasi lainnya dapat langsung menghubungi sales kami di WA 0812-8783-1637 & 0812-8783-1638 atau email kami di [email protected] Berbagai macam pengukuran dan kalibrasi alat lainnya dapat langsung mengunjungi laman website kami di sini.

LATEST POST

× How can I help you?