Kebocoran Gas Metana Makin Memperburuk Pemanasan Global

gas metana

Tridinamika.com – Kebocoran gas metana sebetulnya makin memperburuk pemanasan global karena gas metana merupakan utama yang menyumbang pemanasan global saat ini.

Dalam berita harian kompas.com, kebocoran gas metana yang terjadi di atas Laut Baltik di lepas pantai Swedia tertangkap satelit luar angkasa GHGSat. Gas metana atau CH4 adalah gas tanpa bau, tanpa warna, dan bersifat mudah terbakar. Ia terdiri dari satu atom karbon dan empat atom hidrogen.

Gas metana itu tercatat telah bocor dengan kecepatan 174.000 pon (79.000 kg) per jam. Setara dengan lebih dari 2 juta pon (0,9 juta kg) batu bara yang dibakar dalam satu jam pada pekan lalu. Kebocoran tunggal ini merupakan emisi terbesar dari satu sumber yang pernah terdeteksi oleh GHGSat.

Dalam kondisi sehari – hari, banyak juga industri dibidang gas juga menggunakan gas metana sebagai bahan produksi. Maka dari itu dalam penyimpanannya pun harus sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

Banyak juga di instalasi pipa gas yang dipasang di bawah tanah. Terkadang apabila pemetaan letak posisi pipa gasnya tidak benar, maka yang ada adalah mengakibatkan kebocoran. Karena salah perkiraan dalam melakukan penggalian tanah. Ataupun juga banyak kasus didalam tempat tertentu ada indikasi tercemar oleh gas metana.

Pencemaran dari gas tidak bisa kita ketahui dengan menghirup baunya saja karena dapat merusak kesehatan. Biasanya penggunaan gas detector dibutuhkan untuk masalah ini. Gas detector merupakan alat pendeteksi konsentrasi gas di suatu objek tertentu.

Alat Pendeteksi Kebocoran Gas TROTEC BG40

Tridinamika Jaya Instrument sebagai distributor resmi Trotec untuk Indonesia menjual gas detector seri BG40. BG40 merupakan alat yang secara andal mendeteksi gas yang mudah terbakar. Seperti gas alam, metana, etana, propana, butana, heksana, etilena, asetaldehida, formaldehida, toluena, p-xilena, aseton, alkohol, benzena, amonia, uap, karbon monoksida, bensin dan hidrogen sulfida.

Produk yang ringkas dan mudah digunakan serta terdapat layar untuk mengetahui hasil pengukuran dengan mudah. Alat ini mampu memberikan peringatan adanya konsentrasi gas berbahaya serta dapat mendeteksi gas berbahaya apa yang sedang mencemari suatu objek tersebut.

Untuk pemesanan dan informasi lainnya dapat langsung menghubungi sales kami di WA 0812-8783-1637 & 0812-8783-1638 atau email kami di [email protected] Untuk mengetahui berbagai jasa pengukuran dan kalibrasi alat lainnya jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami dan mengunjungi laman website kami di sini.

LATEST POST

× How can I help you?