Pengukuran Kekuatan Medan Magnet pada Suatu Wilayah

kekuatan medan magnet

Tridinamika.com – Pengukuran kekuatan medan magnet pada suatu wilayah dilakukan untuk memastikan bahwa kekuatannya sesuai dengan standar yang diperbolehkan. Medan magnet sebetulnya ada di setiap wilayah tetapi memang tidak bisa dirasakan oleh tubuh karena tingkatnya memang rendah.

Dalam kehidupan sehari – hari, di suatu wilayah tertentu pasti memiliki medan magnet dan medan listrik yang kuat. Contohnya permukiman yang ada di bawah jalur SUTET. SUTET merupakan saluran udara tegangan ekstra tinggi. Saluran ini merupakan aliran listrik yang dialirkan melalui udara dengan tiang tower dan kabel.

Medan listrik dan medan magnet sudah ada sejak bumi kita ini terbentuk. Awan yang mengandung potensial air, terdapat medan listrik yang besarnya antara 3000 – 30.000 V/m. Demikian juga bumi secara alamiah bermedan listrik (100 – 500 V/m) dan bermedan magnet (0,004 – 0,007 mT). Di dalam rumah, di tempat kerja, di kantor atau di bengkel terdapat medan listrik dan medan magnet buatan. Medan listrik dan medan magnet ini biasanya berasal dari instalasi dan peralatan listrik antara lain, sistem instalasi dalam rumah, lemari pendingin, AC, kipas angin, pompa air, dll.

Diusahakan dalam pemilihan jalur SUTET tidak melintas daerah pemukiman, hutan lindung maupun cagar alam. Di beberapa daerah pemukiman yang padat mungkin tidak bisa dihindari jalur SUTET untuk melintas, tetapi baik medan listrik maupun medan magnet tidak boleh diatas ambang batas yang diperbolehkan.

Ukur dengan Gaussmeter

Untuk itu dalam memastikan besaran kekuatan medan magnet pada suatu wilayah ataupun memastikan medan magnet untuk sebuah laboratorium, perlu menggunakan alat yang bernama Gaussmeter. Kami Tridinamika Jaya Instrument bersama Chauvin Arnoux memperkenalkan gaussmeter seri CA40.

CA40 dirancang khusus untuk mengukur medan elektromagnetik, teslameter / gaussmeter CA 40 juga cocok untuk pengukuran di laboratorium dan di lokasi produksi, kapan pun penyesuaian medan magnet diperlukan. Pengukuran medan magnet frekuensi rendah 20 T (200 mG) hingga 2.000 T (20.000 mG) dengan bandwidth 30 hingga 300 Hz. Probe medan ambien eksternal dengan dimensi alat 163 x 68 x 24 mm serta berat 285 g.

Untuk pemesanan dan informasi lainnya dapat langsung menghubungi sales kami di WA 0812-8783-1637 & 0812-8783-1638 atau email kami di [email protected] Berbagai jenis pengukuran dan services kami lainnya dapat dilihat pada laman website kami di sini.

LATEST POST

× How can I help you?