Apa itu G20 dan Manfaatnya untuk Indonesia

g20

Tridinamika.com – Apa itu G20? G20 merupakan Group of Twenty yang terdiri dari negara – negara yang memiliki perekonomian terbesar di dunia. Terdiri dari 19 negara dan 1 uni eropa. G20 juga merupakan forum kerjasama multilateral di bidang perekonomian.

Forum ini diselenggarakan setiap tahunnya. Pada tahun 2022, G20 diselenggarakan di Bali pada 15 – 16 November 2022. G20 sendiri merepresentasikan lebih dari 60 persen populasi bumi, 75 persen perdagangan global, dan 80 persen PDB dunia. Sejak pendiriannya, G20 telah merundingkan isu-isu penting seperti penanganan krisis global pada 2008, pandemi Covid-19, hingga iklim.

Menurut situs Bank Indonesia, G20 awalnya diinisiasi oleh anggota G7. G7 terdiri dari negara Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris dan Amerika Serikat. Dengan tujuan mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif. Pembentukan G20 pada tahun 1999 timbul akibat kekecewaan komunitas internasional terhadap kegagalan G7 dalam mengatasi permasalahan perekonomian global saat itu. Pandangan yang mengemuka saat itu adalah pentingnya negara-negara berpendapatan menengah serta memiliki pengaruh dalam bidang ekonomi untuk diikutsertakan dalam perundingan.

Seperti dijelaskan dalam laman Kementerian Keuangan, misi utama G20 adalah merangkul negara maju dan berkembang untuk bersama-sama mengatasi krisis, utamanya yang melanda Asia, Rusia, dan Amerika Latin.

G20 pada awalnya merupakan pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Namun sejak 2008, G20 menghadirkan Kepala Negara dalam KTT dan pada 2010 dibentuk pula pembahasan di sektor pembangunan.

Sejak saat itu, G20 terdiri atas Jalur Keuangan (Finance Track) dan Jalur Sherpa (Sherpa Track). Sherpa diambil dari istilah untuk pemandu di Nepal, menggambarkan bagaimana para Sherpa G20 membuka jalan menuju KTT (Summit).

Negara Anggota G20

Negara-negara anggota G20 terdiri dari
1. Afrika Selatan
2. Amerika Serikat
3. Arab Saudi
4. Argentina
5. Australia
6. Brasil
7. India
8. Indonesia
9. Inggris
10. Italia
11. Jepang
12. Jerman
13. Kanada
14. Meksiko
15. Republik Korea
16. Rusia
17. Perancis
18. Tiongkok
19. Turki
20. Uni Eropa

Manfaat G20 untuk Indonesia

Adapun manfaat G20 bagi Indonesia yakni:

1. Melangsungkan Presidensi G20 di tengah pandemi dapat membuktikan resiliensi ekonomi Indonesia terhadap krisis,
2. Bentuk pengakuan atas status Indonesia sebagai salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia serta merepresentasikan negara berkembang lainnya,
3. Bernilai tambah bagi pemulihan Indonesia, baik dari sisi aktivitas ekonomi maupun kepercayaan masyarakat domestik dan internasional,
4. Indonesia dapat mengorkestrasi agenda pembahasan pada G20 agar mendukung dan berdampak positif dalam pemulihan aktivitas perekonomian Indonesia,

5. Kesempatan menunjukkan kepemimpinan Indonesia di kancah internasional, khususnya dalam pemulihan ekonomi global,
6. Membuat Indonesia menjadi salah satu fokus perhatian dunia, khususnya bagi para pelaku ekonomi dan keuangan,
7. Pertemuan – pertemuan G20 di Indonesia juga menjadi sarana untuk memperkenalkan pariwisata dan produk unggulan Indonesia kepada dunia internasional, sehingga dapat turut menggerakkan ekonomi Indonesia.

Tridinamika Jaya Instrument merupakan perusahaan pengukuran dan pengadaan alat instrumen. Kami merupakan distributor resmi berbagai merk dunia untuk Indonesia. Bidang kami adalah industri environment, elektrikal, elektrikal telekomunikasi, serta alat kesehatan. Kami menjual peralatan, jasa, dan kalibrasi alat pengukuran. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi sales kami di WA 0812-8783-1637 & 0812-8783-1638 atau email kami di [email protected] Berbagai services yang kami tawarkan dapat dilihat pada laman website kami di sini.

LATEST POST

× How can I help you?