Forum G20 Tuntut Rusia Tarik Mundur Pasukannya di Ukraina

forum g20
detiknews

Tridinamika.com – Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang berlangsung pada 15 – 16 November 2022 di Bali telah menghasilkan beberapa poin deklarasi. Dimana dalam deklarasi tersebut menyoroti beberapa tantangan ekonomi global yang sedang terjadi di dunia.

Salah satunya adalah deklarasi G20 mengambil sikap menyesal terhadap agresi yang dilakukan Rusia kepada Ukraina. G20 menuntut federasi Rusia untuk menarik mundur pasukan Rusia yang ada di Ukraina tanpa syarat. Sebagian anggota G20 mengutuk keras perang tersebut karena dapat menimbulkan hambatan pertumbuhan, meningkatnya inflasi, serta meningkatkan resiko stabilitas keuangan.

Isi Deklarasi Pemimpin G20

Berikut adalah empat poin pertama dari Deklarasi Pemimpin G20:

Pertama, 14 tahun yang lalu para Pemimpin G20 bertemu untuk pertama kalinya. Menghadapi krisis keuangan yang paling parah pada generasi kita. Kami menyadari, sebagai ekonomi global yang besar, bahwa secara kolektif kami memikul tanggung jawab dan bahwa kerjasama kita diperlukan untuk pemulihan ekonomi global. Untuk mengatasi tantangan global dan meletakkan dasar untuk pertumbuhan yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif. Kami menetapkan G20 sebagai forum utama untuk kerjasama ekonomi global. Hari ini kami menegaskan kembali komitmen kami untuk bekerjasama karena kita, sekali lagi, mengatasi tantangan ekonomi global yang serius.

Kedua, Kami bertemu di Bali pada 15 – 16 November 2022 di saat krisis multidimensi yang tak tertandingi. Kita mengalami kehancuran yang dibawa oleh pandemi Covid-19, dan tantangan lainnya termasuk iklim perubahan, yang telah menyebabkan kemerosotan ekonomi, peningkatan kemiskinan, memperlambat pemulihan global, dan menghambat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Ketiga, tahun ini kita juga menyaksikan perang di Ukraina berdampak lebih buruk terhadap ekonomi global. Ada diskusi tentang masalah ini. Kami menegaskan kembali posisi nasional kami sebagaimana dinyatakan dalam forum lain, termasuk Dewan Keamanan PBB dan Majelis Umum PBB. Yang dalam Resolusi No. ES-11/1 tanggal 2 Maret 2022 dengan suara terbanyak ( 141 suara setuju, 5 tidak setuju, 35 abstain, 12 tidak hadir ) menyesalkan dengan sedalam – dalamnya agresi yang dilakukan oleh Federasi Rusia terhadap Ukraina dan menuntut penarikan penuh dan tanpa syarat dari wilayah Ukraina.

Keempat, penting untuk menegakkan hukum internasional dan sistem multilateral yang menjaga perdamaian dan stabilitas. Ini termasuk membela semua tujuan dan prinsip yang diabadikan dalam Piagam Perserikatan Bangsa – Bangsa dan mematuhi hukum humaniter internasional, termasuk perlindungan warga sipil dan infrastruktur dalam konflik bersenjata.

Sumber berita : investor.id

LATEST POST

× How can I help you?