Metode Leak Listening dalam Deteksi Kebocoran Pipa Air

metode leak listening

Tridinamika.com – Metode leak listening merupakan salah satu metode dalam mendeteksi adanya kebocoran pipa air. Perpipaan air dipasang pada posisi yang tidak terlihat mata. Biasanya karena untuk memberikan ruang yang efisien di atas permukaan.

Kebocoran pipa dapat terjadi kapan saja. Pada instalasi pipa air bawah tanah, kebocoran terjadi karena adanya korosi dan oksidasi dari pipa ataupun perangkat – perangkat lain instalasinya. Bisa juga karena salah dugaan posisi dan akhirnya peralatan pengeruk tanahnya kena instalasi.

Kebocoran pastinya dapat mengurangi volume tekanan suaru debit air. Dan pastinya kita dapat mengalami kerugian. Kerugian yang bahkan bisa sampai berkali – kali lipat. Maka sangat dihindarkan sekali adanya kebocoran pada instalasi perpipaan air di bawah tanah.

Dalam proses terjadinya kebocoran, banyak metode yang dapat dilakukan untuk mendeteksi letak kebocorannya dimana. Salah satunya adalah metode leak listening. Dengan mendengarkan menggunakan alat khusus di titik – titik yang diduga sumber kebocoran.

Alat tersebut banyak dijual di pasaran contohnya Primayer Mikron3. Mikron3 adalah perangkat optimal untuk deteksi kebocoran air yang tersedia di pasar. Dengan sensor sensitivitas tinggi dan komunikasi sensor nirkabel, perangkat memungkinkan pengguna mendeteksi kebocoran dengan mudah dan efektif.

Mikron 3 memberikan suara kebocoran akustik berkualitas tinggi yang didengarkan melalui kontak pipa langsung atau di permukaan tanah. Ini menampilkan pilihan filter yang luas dan opsi tampilan tingkat kebisingan minimum grafis. Ada tiga pilihan prosesor: Mini, Pro dan PrimeTouch App.

Tridinamika Jaya Instrument merupakan distributor resmi Primayer untuk Indonesia. Nah bagi Anda yang ingin membeli alat ini untuk kebutuhan Anda, dapat langsung menghubungi kami melalui WA sales kami di 0812-8783-1637 & 0812-8783-1638 atau email kami di [email protected]

Berbagai jenis services kami dapat dilihat pada laman website kami di sini.

LATEST POST

× How can I help you?