Deretan Kehebohan Selama Berlangsungnya KTT G20

kehebohan selama berlangsungnya ktt g20

Tridinamika.com – Deretan kehebohan terjadi selama berlangsungnya KTT G20 15 – 16 November 2022 di Bali. Kehebohan dialami oleh berbagai pemimpin negara. Mulai dari kedekatan Ibu Negara Korea dengan Iriana Jokowi sampai rapat darurat negara G7 di Bali.

Berikut deretan kehebohan yang dapat dirangkum oleh tim CNBC Indonesia.

Menlu Rusia Masuk RS Setibanya di Bali

Muncul kabar yang mengatakan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Luvrov masuk rumah sakit tidak lama ketika beliau tiba di Bali. Dilaporkan ia dirawat karena kesehatan jantungnya. Namun tak lama setelahnya, Rusia membantah laporan tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan bahwa laporan tersebut palsu. Ia juga mengunggah video Menlu Rusia sedang duduk di luar teras mengenakan celana pendek serta kaus dan sedang membaca dokumen.

Hal tersebut terbukti dengan kehadiran Lavrov dalam keadaan sehat pada pembukaan acara puncak KTT G20 di Bali.

Joe Biden bertemu Xi Jinping

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, akhirnya bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping, ditengan ketegangan geopolitik dunia. Pertemuan diawali dari salaman kedua belah pihak. Tidak tampak ketegangan dan raut wajah marah. Keduanya saling melempar senyuman.

Suntik Mati PLTU, Indonesia Ketiban Durian Runtuh

Indonesia akan mendapat pendanaan hingga US$ 20 miliar atau sekitar Rp 311 T dari negara G7 untuk mempercepat pelaksanaan transisi energi di Indonesia. Kabar baik ini disampaikan oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Selain itu Climate Counselor of The Secretary at US Departement of The Treasury Jepas dan AS serta Norwegia dalam enam bulan ke depan akan membantu Indonesia membuat rencana investasi komprehensif dalam payung Just Energy Transition Partnership. Untuk mencapai Net Zero Emissions salah satunya untuk suntik mati PLTU.

PM Kanada & PM Inggris Curi Perhatian

PM Kanada, Justin Trudeau, dan PM Inggris, Rishi Sunak mendapat sorotan saat menghadiri undangan makan malam KTT G20. Trudeau datang dengan menggunakan batik warna fuschia. Tampak dirinya berjalan dengan percaya diri di atas karpet merah.

Selain itu, PM Inggris juga turut tampil memukau. Ia hadir mengenakan batik berwarna magenta. Ia berfoto dengan Presiden Joko Widodo dan ibu negara Iriana Jokowi.

Akrabnya Iriana Jokowi & Ibu Negara Korea Selatan

Ibu negara Korea Selatan, Kim Keon-hee, tiba di The Apurva Kempinski Bali dan disambut oleh Ibu Irian Jokowi di lobi kedatangan. Mereka tampak akrab dan menunjukkan kehangatan sebagai dua orang yang memiliki hubungan dekat. Iriana mengajak Kim melihat sejumlah penampilan budaya Indonesia diantaranya Gamelan Bali dan Tari Penyambutan Panyembrama.

Rudal Rusia Hantam Polandia, G7 Rapat Dadakan

Negara aliansi G7 dan NATO yang tergabung dalam KTT G20 mengadakan rapat darurat di tengah KTT G20. Negara tersebut terdiri dari Kanada, Uni Eropa, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Spanyol, Inggris, dan AS.

Rapat dadakan ini dilakukan untuk membahas serangan Rusia ke Ukraina, yang diduga ‘nyasar’ ke sebuah desa di Polandia. Dalam pernyataannya G7 bersepakat untuk mengutuk serangan Rusia ke infrastruktur sipil Ukraina.

Joe Biden Pulang Lebih Dulu

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dilaporkan akan pulang duluan dari kunjungannya di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali. Meski belum ada keterangan resmi terkait alasannya, diketahui ini berkaitan dengan penyelenggaraan pernikahan cucunya yang berlangsung 19 November 2022 mendatang.

Sebelumnya diketahui Naomi Biden, cucu perempuan Biden, dan Peter Neal akan menikah di South Lawn, Gedung Putih. Pernikahan cucu Presiden AS ini akan menjadi pernikahan ke-19 dalam sejarah Gedung Putih.

Sumber berita : cnbcindonesia.com

LATEST POST

× How can I help you?