Revitalisasi Mangrove di Bali Dipuji Kepala Negara G20

revitalisasi mangrove

Tridinamika.com – Revitalisasi mangrove di Bali mendapat pujian dari kepala negara G20. Kepala negara G20 diajak Presiden Joko Widodo untuk meninjau Taman Hutan Raya, Rabu 16 November 2022 pagi hari.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Abubakar yang turut mendampingi Presiden Jokowi pada acara tersebut menceritakan kekaguman para pemimpin G20.

Presiden Prancis Emmanuel Macron memuji revitalisasi mangrove yang telah dilakukan Pemerintah Indonesia. “Ini impresif dan sangat baik. Ini adalah langkah nyata aksi ( pertemuan ) iklim Paris Agreement,” ujar Siti, mengulang perkataan Macron.

Tak cuma Macron, apresiasi terhadap keberadaan Tahura juga disampaikan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte. Menurut Siti, Rutte menyebut Indonesia telah memulai langkah hebat. “Ini bagus sekali. Indonesia telah memulai dengan baik. Ide-ide Presiden Jokowi hebat,” puji Rutte, seperti diulang Siti.

Rutte terlihat berbincang cukup lama dengan Siti Nurbaya serta Presiden Amerika Serikat Joe Biden di tempat istirahat yang disediakan usai berkeliling Tahura. Dalam perbincangan tersebut, Biden juga mengutarakan apresiasi terhadap Tahura.

“( Tahura Ngurah Rai ) bagus sekali. Langkah nyata yang sangat bagus. Mengesankan,” kata Siti menirukan apa yang dikatakan Presiden Biden.

Selain menyambut, Siti juga turut berjalan keliling kompleks hutan mangrove bersama para pimpinan delegasi G20. Ia tampak berbincang dengan beberapa tamu negara yang hadir di sana sepanjang acara.

Misalnya saat para kepala negara lain asyik mendengarkan penjelasan pemandu serta Presiden Jokowi di bagian depan rombongan, Siti berada di belakang barisan berbincang dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Mereka bahkan sampai menghentikan langkah tatkala berbincang.

Penanaman mangrove oleh Presiden Jokowi dan para kepala delegasi merupakan salah satu agenda KTT G20. Kegiatan ini menunjukkan komitmen dan kepedulian pemerintah Indonesia terhadap pelestarian lingkungan hidup.

Sumber berita : liputan6.com

LATEST POST

× How can I help you?